Guru Tamu dari Yamaha Thamrin Brothers Kompetensi TBSM

Program Guru Tamu, Kolaborasi Antara

SMK Negeri 7 Palembang dengan Yamaha
Thamrin Brothers Palembang
Tanggal 09 s.d. 10 Februari 2022


Dalam rangka tercapainya program SMK Negeri 7 Palembang sebagai salah satu instansi pendidikan vokasi di bawah Kementerian Perindustrian yang memiliki sistem pendidikan selaras dengan industri, maka berbagai upaya dan program dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain Praktik Kerja Industri yang wajib diikuti oleh siswa kelas XII, terdapat satu kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Palembang disebut dengan kegiatan Guru Tamu atau Expert Day bagi kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Seperti namanya, kegiatan ini adalah sebuah kegiatan pematerian kepada siswa dengan mengundang para pemateri “Expert” di bidangnya yang dihadirkan langsung dari industri. Hal ini dirasa sangat tepat dan menarik siswa karena pemateri dapat menyampaikan materi sekaligus dapat berbagi pengalaman langsung di industri mereka bekerja. Kegiatan ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat, di antaranya adalah dapat membuka wawasan siswa mengenai dunia industri yang ingin digelutinya, melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah, hingga memperoleh peningkatan sistem pendidikan di sekolah yang sesuai dengan industri.

Guru tamu biasa diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Praktik Kerja Industri siswa kelas XII. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu s.d Kamis, tanggal 9 s.d 10 Februari 2022. Menghadirkan guru tamu dari Yamaha Thamrin Brothers bersama Bapak Karyadi Hartoni.


Materi yang diberikan dari guru tamu antara lain :

LAMPU & SIGNAL                       - BATTERY

REM DEPAN                                  - OLI MESIN 

SUSPENSI DEPAN                        - CELAH KLEP

HANDLE GAS                               - BUSI

SISTEM KEMUDI                         - KOMPRESI

REM BELAKANG                        - FILTER UDARA

RANTAI RODA & SPROCKET   - SISTEM FI

SUSPENSI BELAKANG              - ALIRAN OLI MESIN

RODA / BAN DEPAN                   - BAUT & MUR

RODA / BAN BELAKANG

JARI-JARI RODA