WORKSHOP BUDAYA KERJA SMK PUSAT KEUNGGULAN

SMK NEGERI 7  PALEMBANG


Budaya kerja merupakan sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas. Maka dari itu, setiap proses atau fungsi kerja harus memiliki perbedaan dalam bekerja yang mengakibatkan munculnya keberagaman nilai-nilai yang sesuai untuk diambil, dalam rangka kerja organisasi. budaya kerja juga merupakan suatu falsafah yang berlandaskan pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi kemudian cerminan tersebut muncul dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat serta  tindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja.

Budaya kerja juga merupakan asumsi atau sistem keyakinan, nilai, dan norma yang dikembangkan dalam suatu organisasi yang dapat dijadikan sebagai landasan tingkah laku anggota, untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal maupun integrasi internal.

Dalam suatu lingkungan kerja, akan selalu melibatkan tenaga kerja. besar kecilnya tergantung dari jenis layana kerja yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Menghidupkan budaya kerja di lingkungan kerja memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah.

- Memberikan pembeda yang jelas antara satu lingkungan kerja dengan lingkungan kerja yang lain untuk memunculkan ciri khas atau karakteristik suatu lingkungan kerja.

- Sebagian berntuk dukungan untuk menyatukan komitmen, agar sesuai dengan untuk menyatukan komitmen, agar sesuai dengan visi dan misi suatu lingkungan kerja, bukan berdasarkan kepentingan pribadi atau individu.

- Agar terjadi keselarasan dalam melaksanakan tugas dengan kewenangan dalam suatu lingkungan kerja.

- Untuk merekatkan hubungan profesional antara sumber daya manusia yang satu dengan yang lain.